_

Minggu, 18 April 2010

MAKANAN SEHAT DAN AMAN UNTUK DI KONSUMSI

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan akan beragam berbagai jenis makanan sehat, bahkan banyak sekali pabrik-pabrik makanan di indonesia yang sampai meng ekspor ke luar negri. tapi inget, anda harus tahu dulu lho spesifikasi makanan sehat itu seperti apa, bagaimana, pokoknya gak gampang-gampang banget lah. hehe..
di negara indonesia kita ini masih banyak juga lho masyarakat masyarakat yang belum mengerti banget apa dan bagaimana makanan sehat itu. mereka itu yang penting perutnya isi, tanpa memikirkan bagai mana makanan yang sehat.
seperti di daerah saya juga masih banyak lho yang asal-asalan cara mengkonsumsi makanan kesehariannya. namanya dusun kalitulang desa gondang kecamatan watumalang kabupaten wonosobo provinsi jawa tengah.
disni mereka itu mayoritas masih menggunakan bahan-bahan makanan yang kurang sehat misal saja seperti sega sayup di jemur terus di goreng.. itu jan sangat sangat lah tidak sehat. bukankah begitu saudara saudiri ku setanah air ?? ya mari lah kita sedikit demi sedikit kita membangun desa desa tersebut yang belum mengerti tentang makanan sehat.
apa padahal palah justru anda yang belom tau tentang makanan sehat itu seperti apa ?? haha... owalah..... ya sudah ini tak kasih ciri2 nya di baca yah.. :
1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.
oke saya rasa cukup sekian dulu kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat. amin ya rabb

Baca artikel terkait di bawah ini :


3 komentar:

prawono hadi mengatakan...

mari kita junjung indonesia yang sehat... saya setuju mas.. kenalan yah... tips barunya di kirim ke email saya

siska ajah mengatakan...

sip deh......

jati wangi mengatakan...

mantaf sob. tp ngomong-ngomong postingannya kok jadi aneh-aneh gini, ? katanya hacker ? apa udah luntur jurusnya ? wkwkwkwk... top deh.. (pisss)

Posting Komentar

jangan lupa komentar yah, komentar anda akan sangatlah membantu perkembangan blog ini. thank's