Photobucket
_
Photobucket

Senin, 12 April 2010

PONDOK PESANTREN MODERN DI INDONESIA

pondok pesantren modern merupakan ajang untuk para orang-orang alim bersinggah. pondok pesantren modern secara bahasa bisa di artikan sebagai pondok pesantren yang berbasis modern, dan pondok pesantren modern kini banyak di cari oleh orang-orang yang gemar menuntut ilmu agama islam.
perbedaan antara pondok pesantren modern dan pondok pesantren yang bukan modern atau bisa dikatakan dengan istilah salafiyah adalah yaitu : 
jika pondok pesantren modern adalah pondok yang tidak hanya mempelajari ilmu tentang agama saja melainkan disana juga mengajarkan banyak hal tentang bagaimana menjalani kehidupan di dunia, seperti mereka juga mengajarkan ilmu-ilmu tentang kurikulum/mata pelajaran sekolahan.
sedangkan pondok pesantren yang bukan modern (sallafiyah) yaitu adalah pondok pesantren yang hanya mengajarkan tentang hukum islam saja. alias mereka itu 90% membahas tentang akhirat. syara' dan lainnya.
dari berbagai pembicaraan tadi dapat di simpulkan bahwasanya yang namanya pondok pesantren itu adalah sama, hanya saja yang namanya lain pondok adalah lain guru, dan guru satu dengan yang lainnya tentunya berbeda juga dong, ada yang sukanya hanya mengajarkan kepada murid-muridnya tentang hukum islam dan kadang-kadang juga mereka sebagai guru ada yang suka dengan pelajaran pelajaran di luar materi pondok pesantren yang hakiki. 
tentunya kita tidak usah berkecil hati atau dengan kata lain kita itu tidak suka dengan program salah satu basis pondok pesantren tersebut.
mereka adalah sama , dan tujan mereka pun begitu juga. 
jadi silahkan anda sedang membutuhkan yang mana, tentunya gak ada yang namanya pondok pesantren itu menyesatkan, baik pondok pesantren modern maupun pondok pesantren sallafiyah.
so jangan kewatir dengan anak cucu kita untuk dimasukkan kemana saja, yang penting adalah meraka mengaji , mengaji dan mengaji.
sepertinya ini saja yang perlu kita bahas mengenai pondok pesantren. untuk kedepannya mudah mudahan akan lebih baik dan semoga bermanfaat.
amieeen ya robbal 'alamiennnn

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar yah, komentar anda akan sangatlah membantu perkembangan blog ini. thank's